Artikel ini murni kopas dari forum http://ads.id/forums/showthread.php/206581-SHARE-How-to-Analyze-Your-Top-10-Google-Competition
Tujuan saya salin disini agar saya bisa menemukan lagi artikel itu, karena saya rasa bermanfaat dan tentunya sangat sangat bermanfaat :)..
Overview
Di forum ini saya lebih dikenal dengan kevintaw, thread2 sharing saya
selalu ditulis berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang internet
marketer, jadi saya yakin thread dari saya ga pernah agan baca
sebelumnya, dimanapun.
Okay kita mulai ya, Kemampuan untuk analisa competitor keyword target
anda di Top 10 Google tentu penting banget sebelum mulai optimasi URL
target, baik dari sisi onpage maupun offpage. Jadi menurut saya ga ada
salahnya memiliki skill ini.
Jadi contohnya kalau anda ingin ranking kw 'iphone 6', terus anda beli
deh artikel 700 kata di luar dengan topik iphone 6 terus optimasi link
buliding, 1 bulan kemudian belum masuk page 1 juga, 2 bulan kemudian
juga belum masuk page 1, setelah di cek di top 10 google rupanya mejeng
situs2 high authority alias situs mammoth, termasuk wikipedia,
apple.com, cnet.com. Sudah pasti deh susah bersaing di kw tsb terutama
untuk yg main di niche. Nah jadi thread ini akan membantu agan
mengetahui kira2 keyword mana yang potensial untuk di ranking alias
masih ada peluang untuk nyusup di page 1.
Let's Start!
Jika di
thread ini
saya sudah membahas secara lengkap bagaimana menemukan ide-ide keyword
sebagai bahan postingan secara mudah dan bagaimana mengecek secara kasar
kompetisi sebuah keyword dengan allintitle, thread ini akan membahas
lebih advance tentang bagaimana cara analisa TOP 10 google competition
dari keyword yang agan target.
Saya bagi thread ini menjadi 3 bagian:
I. Extract your Top 10 Google competition
II. Faktor dan indikator dari Top 10 google competition
III. Analisa Peluang Masuk ke Top 10
I. Extract your Top 10 Google competition
Untuk extract Top 10 Google Competition ada 2 cara:
1. Memakai SEO addon dari Moz (free)
Pakai chrome dan install addon yang versi chrome ya karena udah versi 3
sedangkan di firefox masih 2.65, yang versi 3 udah lebih canggih.
Link download: _http://moz.com/tools/seo-toolbar
Setelah addon di install, login ke akun Moz.com anda (yang belum ada register aja) biar dapat akses lebih banyak metrics.
Register disini: _https://moz.com/community/join?redirect=/api/keys
Setelah login:
Export hasilnya ke csv (dalam study case ini saya pakai keyword "how to get rid of pimple scars")
Hasilnya di Excel:
2. Memakai Long tail platinum (berbayar)
Link download: _http://longtailpro.com/
Masuk ke Tab Competition Analysis --> Kemudian klik Export Results
II. Faktor dan indikator dari Top 10 google competition
- Meta Title.
Apakah keyword target terdapat di title competitor?
- Keyword in URL.
Apakah keyword target terdapat di URL competitor?
- Page Total Links.
Ada berapa banyak total backlinks yang menuju ke URL tersebut? (Jika
yang muncul di Top 10 adalah URL artikel maka yang diperhatikan ada
backlinks yang mengarah ke URL artikel, bukan URL domain)
- Domain Authority dan Page Authority.
Apakah PA di Top 10 competitor anda kebanyakan > 30?
- Apakah banyak root domain (homepage) di Top 10?
Semakin banyak root domain (homepage) di Top 10 tentu menunjukkan kompetisi keyword target anda semakin berat.
- Umur domain. (Opsional)
Apakah rata-rata umur domain di Top 10 sudah lebih dari 1 tahun? Untuk
indikator ini tidak bisa diperoleh dari addon SEOMoz, tapi bisa dengan
manual di situs who.is atau pakai SEOTool for Excel atau dari Long Tail
Platinum.
Link download SEOTool for excel: _http://links.seotoolsforexcel.com/latest
- Tipe URL / situs yang lemah.
Tipe-tipe URL / situs yang lemah untuk digeser dari Top 10 seperti
Fanpage, Google+ Status, forum, artikel directory, yahoo answers,
youtube.
III. Analisa Peluang Masuk ke Top 10
Study Case 1 (Keyword english):
Keyword: how to get rid of pimple scars
CPC: 81,000 IDR
Local Search: 3,600/month
Untuk yang mau download csvnya, link download dibawah.
- Meta Title.
Apakah keyword target terdapat di title competitor? Yang Exact (sama persis) hanya 1, sisanya menyinggung kw.
- Keyword in URL.
Apakah keyword target terdapat di URL competitor? Yang Exact tidak ada,
sisa URLnya sudah terdapat kw target kecuali URL youtube.
- Page Total Links.
Ada berapa banyak total backlinks yang menuju ke URL" tersebut? Ada 8
URL yang backlinksnya tidak lewat dari 150, 1 URL dengan 0 backlinks,
dan 1 URL dengan 478 backlinks.
- Domain Authority dan Page Authority.
Apakah PA di Top 10 competitor anda kebanyakan > 30? Ada 4 URL yang masih < 30.
- Apakah banyak root domain (homepage) di Top 10?
Tidak, semua innerpage.
- Umur domain. (Opsional)
Apakah rata-rata umur domain di Top 10 sudah lebih dari 1 tahun? Saya
analyze dengan Long tail platinum ada 2 situs yang usia domain 1,4
tahun, sisa nya diatas 9 tahun.
- Tipe URL / situs yang lemah.
Terdapat URL youtube yang termasuk URL lemah.
Jika anda perhatikan, competitor di Top 10 total linksnya hanya
berjumlah ratusan, ini membuktikan kualitas links menang dari kuantitas.
KESIMPULAN:
Keyword ini potensial untuk di optimasi karena memiliki pencarian
3,600/month, terdapat 4 URL dengan PA < 30 dan ada 8 URL dengan total
links to page yang tidak lewat dari 150 + ada 1 url youtube yang
termasuk tipe url lemah.
Link download report csv study case 1: _https://www.dropbox.com/s/z4osnjwjq78jaue/how%20to%20get%20rid%20of%20pimple%20scars-google-2015-03-02.csv?dl=0
Study Case 2 (Keyword Indonesia):
Untuk study case keyword indonesia, awalnya mau bahas mengenai 'harga
hp', tapi CPC nya kurang bagus sih, jadi saya pilih keyword diet yang
lebih cocok sebagai study case dan lebih bagus CPCnya.
Keyword: jus untuk diet
CPC: 1,844 IDR
Local Search: 2,900/month
Untuk yang mau download csvnya, link download dibawah.
Inilah tampilan di google:
Tampilan setelah export ke csv:
- Meta Title.
Apakah keyword target terdapat di title competitor? Yang Exact (sama persis) hanya 3 yang saya bold, sisanya menyinggung kw.
- Keyword in URL.
Apakah keyword target terdapat di URL competitor? Yang Exact ada 3, sisa URLnya menyinggung kw target.
- Page Total Links.
Ada berapa banyak total backlinks yang menuju ke URL" tersebut? Ada 8
URL yang < 180 backlinks, 1 URL dengan 345 backlinks, dan 1 URL
dengan 523 backlinks.
Jika anda perhatikan, di Position 6, kolom Total Links to Root Domain,
ada gendut banget backlinks nya, begitu pula DA yang 92. Ini dikarenakan
root domain yang dihitung adalah blogspot.com, bukan subdomainnya, jadi
itulah mengapa saya lebih perhatikan ke PA dibandingkan DA.
- Domain Authority dan Page Authority.
Apakah PA di Top 10 competitor anda kebanyakan > 30? Ada 8 URL yang PA < 20 dan 2 URL PA < 30.
- Apakah banyak root domain (homepage) di Top 10?
Tidak, semua innerpage. (pertanda bagus)
- Umur domain. (Opsional)
Apakah rata-rata umur domain di Top 10 sudah lebih dari 1 tahun? Saya
analyze dengan Long tail platinum ada 1 situs femina.co.id usia 9 tahun,
sisanya tidak banyak.
- Tipe URL / situs yang lemah.
Tidak ada URL yang lemah, tipe2 URL yang lemah silahkan baca di Bagian II diatas.
KESIMPULAN:
Keyword ini masih potensial untuk di optimasi karena memiliki pencarian
2,900/month, terdapat 8 URL dengan PA < 20, 2 URL PA < 30, dan ada
8 URL dengan total links to page yang tidak lewat dari 180 + semua Top
10 masih innerpage bukan homepage yang merajai page 1. Kelemahannya
yaitu di Top 10 tidak terdapat tipe URL yang lemah jadi harus
diperhatikan di SEO Onpage nya agar optimal.
Link download report csv study case 2: _https://www.dropbox.com/s/d3vp6s3mv6k88dx/jus%20untuk%20diet-google-2015-03-03.csv?dl=0
FAQ
Originally Posted by
Hadiadot
jadi begini gan hasilnya koq berantakan ya....
Buka Excelnya lalu ikuti langkah berikut:
1. Buka Tab Data
2. Seleksi / Blok semua data
3. Klik Text to Columns
4. Centang Delimited --> Next
5. Hapus Centang Tab, Pilih Centang Comma --> Next
6. Klik Finish
Belum ada tanggapan untuk "How to Analyze Your Top 10 Google Competition "
Post a Comment